Menulis Bukan Hanya Soal Bisa Merangkai Kata-Kata, Tapi Juga Bagaimana Bisa Menerima Kata-Kata

Menulis Bukan Hanya Soal Bisa Merangkai Kata-Kata, Tapi Juga Bagaimana Bisa Menerima Kata-Kata

Tips Menulis - Pernah suatu ketika ada orang bertanya seperti ini: Kenapa si Aku susah sekali menulis? atau Kenapa si Saya kok suka bingung harus menulis apa dan bagaimana cara memulai tulisan?

Pertanyaan-pertanyaan seperti contoh di atas hanya sebagian kecil dari ribuan pertanyaan lain mengenai kebingungan menulis bagi para pemula. Banyak diantara sahabat di luar sana yang secara mati-matian mencoba menulis tapi hasilnya ternyata nihil. Ada yang menghentikan penanya cukup lama hanya untuk memulai satu kata di awal tulisan, atau ada yang kemudian sudah memulai tulisan lalu di pertengahan jalan berhenti karena kebingungan bagaimana melanjutkan tulisannya.

kejadian-kejadian seperti ini lumrah terjadi. Bahkan mungkin kebanyakan orang yang sedang belajar menulis pasti mengalaminya. Jika demikian halnya, marilah kita ketahui terlebih dahulu penyebab-penyebabnya, sebelum nanti kita ketahui tips-tips agar tulisanmu mengalir dengan lancar.

1. Kurangnya Membaca Buku Atau Tulisan Orang Lain

Seseorang yang jarang sekali membaca, baik itu berupa buku atau artikel-artikel orang lain akan mendapatkan kesulitan ketika akan membuat tulisan. Kenapa demikian? karena proses membaca merupakan jalan kita untuk dapat belajar memahami tulisan, mana yang bagus mana yang tidak, mana yang enak dibaca mana yang tidak. Hal ini sangat penting karena sebelum kita dapat menulis, setidaknya kita mengetahui terlebih dahulu seperti apa saja tulisan yang dianggap bagus tersebut.

Selain untuk dapat mengetahui kualitas tulisan, bagus tidaknya. Membaca memberikan kita stimulus berupa pengetahuan dari isi tulisannya supaya ketika kita menulis akan dengan mudah merangkai setiap kata demi kata. Jadi, mulai dari sekarang perbanyaklah membaca buku atau tulisan orang lain.

2. Kurangnya Wawasan yang Dimiliki

Wawasan yang luas sangat penting dimiliki oleh seorang penulis. Bahkan mungkin ada yang mengatakan bahwa seorang penulis haruslah mengetahui segala hal. Mulai dari hal-hal yang dianggap sepele sampai yang serius.

Kegiatan menulis memang bisa disebut juga kegiatan menuangkan segala jenis wawasan ke dalam serangkaian kata dan kalimat. Jika tidak punya wawasan, maka tidak akan ada bahan untuk ditulis.

"Tips Memulai Tulisan"

Setelah kita mengetahui penyebab-penyebabnya, sekarang saatnya memulai tulisan dengan tips-tips berikut, agar tulisan kamu tidak lagi terhenti oleh kebingungan.

1. Gunakanlah Rumus 1 x 1

Ketika menulis gunakanlah rumus 1 x 1. Artinya, saat akan membuat satu tulisan, minimal kita sudah membaca satu tulisan milik orang lain. Tulisan yang dimaksud disini disarankan tulisan yang satu jenis atau satu tema dengan apa yang ingin kita tulis. Sehingga selain untuk menambah tabungan kosakata, kita juga akan mendapatkan wawasan mengenai apa yang ingin kita tulis.

2. Jangan Pernah Meninggalkan Tulisanmu

Walaupun terkadang kita terhenti saat menulis, tapi jangan pernah meninggalkan tulisanmu itu sebelum terselesaikan. Apalagi jika sampai tulisan yang belum selesai itu kemudian kamu hapus. Karena jika demikian, maka ide-ide awal kamu untuk menulis bisa jadi akan hilang dan kamu harus memulainya lagi dari awal.

3. Buatlah Tulisan Mengenai Apa yang Kamu Ketahui

Menulis sesuai dengan apa yang kamu ketahui akan memudahkan kamu merangkai kata-kata. Jika diibaratkan sebuah jalan, kamu sudah mengetahui dimana letak lubang-lubang pada jalan tersebut. Sehingga walaupun jalan tersebut penuh lubang, kamu akan dengan mudah melewatinya.

Berbeda jika kamu baru mengetahui atau bahkan belum mengetahui sama sekali apa yang akan kamu tulis. Bisa dipastikan kamu akan kebingungan dan tulisanmu tidak akan pernah selesai.

4. Baca Ulang Tulisanmu yang Sempat Terhenti

Tips terakhir yang dapat kamu lakukan ketika tulisanmu terhenti di tengah jalan adalah dengan membaca ulang dari awal tulisanmu yang terhenti tadi. Hal ini dilakukan untuk mengembalikan fokus kamu dan mengembalikan ingatanmu terhadap ide-ide yang sempat muncul di awal.

Semoga tulisan kamu segera terselesaikan dan dapat dibaca oleh semua orang. Demikian pembahasan kali ini, jika kamu punya karya sastra dan ingin karya kamu dibaca banyak orang, kamu dapat mengirimkannya ke SINI. Selamat berkarya.

0 Response to "Menulis Bukan Hanya Soal Bisa Merangkai Kata-Kata, Tapi Juga Bagaimana Bisa Menerima Kata-Kata"

Post a Comment