Tahapan dan Jadwal Pelatihan Pratugas Pendamping Desa 2016

Tahapan dan Jadwal Pelatihan Pratugas Pendamping Desa 2016 - Bagi para pendamping desa yang dinyatakan lolos dalam seleksi rekruitmen 2016 pasti masih memiliki pertanyaan besar kapan pratugas akan dilakukan? kapan akan kerja? hal ini terbukti dari pencarian informasi pratugas yang banyak dan diskusi di berbagai forum seperti facebook group

Sepertinya memang banyak simpang siur masalah kapan pratugas karena tidak ada kejelasan dari panitia P3MD maupun satkernya. Dari sebuah group facebook.com kami menemukan sebuah jadwal tentang kapan rencana jadwal pratugas pendamping desa, gambarnya seperti yang bisa anda lihat dibawah ini :
Tahapan dan Jadwal Pelatihan Pratugas Pendamping Desa 2016
Berdasarkan gambar di atas bisa diketahui bahwa tahapannya sebagai berikut :
1. Konsolidasi GMT (sudah dilakukan)
2.Pembuatan modul pratugas TA, PD, PLD (sudah dilakukan)
3. Pratugas TA Cluster (Belum, dan berdasarkan bagan di atas akan dilakukan tanggal 28 september sampai 7 oktober 2016)
4. Pratugas PD (bulan oktober sampai november 2016)
5. Pratugas PLD (bulan oktober sampai november 2016)

Baca Juga :
informasi pengumuman pelatihan pratugas pendamping desa 2016
Pendamping lokal desa (PLD) tidak ada pratugas 
Dalam bagan tersebut memang ada jadwal pratugas PLD, padahal sebelumnya sempat di informasikan bahwa PLD tidak ada pratugas, namun informasi resmi dari http://kemendesa.go.id/view/detil/1886/kemendesa-gelar-pelatihan-pratugas-pendamping-desa menyatakan bahwa ada pelatihan PD dan PLD setelah pelatihan pratugas tenaga ahli pemberdayaan masyarakat yang dilaksanakan pada tanggal 28 sept -07 nov 2016, setelah itu baru dilaksanakan pratugas PD dan PLD dengan jadwal yang belum ditentukan. Jika peserta pratugas kurang dari 30 peserta seprovinsi maka akan digabung dengan provinsi terdekat.

Berikut kutipan tulisan dari  http://kemendesa.go.id/view/detil/1886/kemendesa-gelar-pelatihan-pratugas-pendamping-desa
Dengan ini kami sampaikan bahwa Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendesa PDTT) saat ini (17 - 25 September 2016) sedang melaksanakan Training of Trainer (ToT) untuk Pelatihan Pratugas Tenaga Ahli Pemberdayaan Masyarakat (TAPM) yang akan dilaksanakan nanti pada tanggal 28 September - 7 Oktober 2016 di delapan region, meliputi: Batam, Medan, Jakarta, Surabaya, Denpasar, Makassar, Manado, dan Jayapura. Kemudian, akan dilanjutkan dengan Pelatihan Pratugas untuk Pendamping Desa (PD) dan Pendamping Lokal Desa (PLD) di Ibukota Propinsi masing-masing. Namun, jika peserta kurang dari 30 orang, maka akan digabung dengan propinsi terdekat (tanggal belum ditentukan).  
Kemendesa PDTT melalui Konsultan Nasional Peningkatan Kapasitas Masyarakat Desa (KN-PKMD) telah membentuk Tim Grand Master Training berjumlah 280 personil yang terdiri dari unsur NGO, akademisi, pegiat desa, konsultan wilayah dan propinsi, serta konsultan nasional khusus untuk menangani penyelenggaraan pelatihan. Selain kegiatan dimaksud, Kemendesa PDTT tidak pernah memberikan rekomendasi atau penugasan kepada siapapun untuk menyelenggrakan pelatihan pendamping profesional atau biasa disebut pendamping desa.
Bahwa telah ada lembaga yang menyelenggarakan Diklat Kilat Tenaga Ahli dan Pendamping Desa Se-Kabupaten Sumenep dengan mengatasnamakan Kemendesa PDTT, kami sampaikan hal itu tidak benar dan di luar tanggungjawab Kemendesa PDTT. Upaya hukum akan kami lakukan untuk memberikan kepastian penyelenggaraan atau pengelolaan pendamping profesional, dan sekaligus memberikan pelajaran kepada pihak lembaga dimaksud. Demikian release ini kami sampaikan sebagai pemberitahuan dan pernyataan kepada publik.
Baca Juga : Revisi Waktu Pelaksanaan Seleksi Kopetensi Bidang Dalam Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama Secara Terbuka Kementrian Desa
Daftar Undangan Peserta Pelatihan Pratugas Tenaga Ahli (TA) Sumatra Utara 2016 
Bagi yang memiliki informasi tambahan bisa menambahkannya di kolom komentar, agar para pendamping desa mendapatkan pencerahan tentang nasib hasil rekruitmen pendamping desa 2016 yang masih simpang siur nasibnya

1 Response to "Tahapan dan Jadwal Pelatihan Pratugas Pendamping Desa 2016"

  1. Kami bingung bagaimana undangan pelatihan PLD dan PD akan disampaikan apakah melalui telp, email atau apa?

    ReplyDelete