Harga Cabai di Purwokerto Naik, Pembeli Menurun

Harga Cabai di Purwokerto Naik, Pembeli Menurun - Purwokerto. Harga cabai   hampir di semua pasar yang ada di wilayah Kabupaten Banyumas, Jawa tengah mengalami  kenaikan yang cukup signifikan.

Di Pasar Manis Purwokerto misalnya, untuk harga cabai merah keriting sudah sejak beberapa hari lalu naik. Pada hari Selasa (19/10/16), harga cabai merah keriting per kilogram mencapai Rp. 55.000, sedangkan untuk harga eceran per kilogram menjadi Rp. 60.000. Kenaikan tersebut mencapai Rp. 20.000 per kilogramnya.
Harga Cabai di Purwokerto Naik, Pembeli Menurun

Kenaikan harga tersebut membuat omset penjualan para pedagang menurun.

“Sekarang omset penjualan jadi berkurang, kalau biasanya pembeli membeli satu kilogram cabai, sekarang hanya secukupnya, atau paling banyak seperempat kilogram,” ungkap Supri, salah seorang pedagang sayur di Pasar Manis.

Sementara itu, harga bawang merah dan bawang putih relatif stabil, yakni Tp. 40.000 meskipun sebelumnya sempat naik Rp. 2.000.

“Kalau untuk pembeli, jumlahnya tidak berkurang, karena harga bawang stabil. Bahkan, stok selalu hanis,” ujar Tri Murni, pedagang sayur di Pasar Manis.

Kedua pedagang di Pasar Manis tersebut memperkirakan, naiknya harga cabai diakibatkan hujan yang terus turun dengan intensitas tinggi.

Untuk harga   sayur-mayur lainnya seperti  kacang panjang, kubis, cesim dan tomat  tetap stabil. Sementara untuk harga telur yang semula sekitar Rp. 20.000 rupiah  per kilogram saat ini turun  menjadi  Rp.17.000 hingga  Rp. 17.500  rupiah   per kilogram. (UF/BmsN)

0 Response to "Harga Cabai di Purwokerto Naik, Pembeli Menurun"

Post a Comment