KAI Siagakan Personel "Fliying Gank" di Jalur Rawan Longsor

KAI Siagakan Personel "Fliying Gank" di Jalur Rawan Longsor - Banyumas, PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi 5 Purwokerto, Jawa Tengah, menyiagakan sedikitnya 171 personel sebagai "flying gank", kata Manajer Humas PT KAI Daop 5 Purwokerto Ixfan Hendriwintoko.
KAI Siagakan Personel "Fliying Gank" di Jalur Rawan Longsor

"Regu 'flying gank' tersebut tersebar di 17 resor jalan rel dan jembatan. 'Flying gank' berfungsi untuk meluncur sewaktu-waktu ke daerah yang kritis seperti jalur tertimbun longsor atau tertutup pohon tumbang," katanya saat memantau jalur rel rawan longsor di Desa Tambaknegara, Kecamatan Rawalo, Banyumas, Jumat (21/10).

Selain itu, kata dia, personel "flying gank" juga membantu dalam kondisi penyiagaan darurat, sebagai penilik jalan ketika terjadi cuaca ekstrem, penjaga jalur lintas (PJL) ekstrasituasional, dan penjaga terowongan tambahan.

Ia mengatakan di wilayah PT KAI Daop 5 Purwokerto terdapat empat titik rawan longsor yang dijaga petugas selama 24 jam, yakni Km 304+25 antara Prupuk dan Linggapura berupa tubuh baan rawan longsor, Km 360+150/300 antara Notog dan Kebasen berupa tebing rawan longsor, Km 422+900 hingga Km 423+900 antara Tambak dan Ijo berupa tebing rawan longsor, serta Km 448+600 hingga Km 450+400 antara Soka dan Kebumen berupa tebing rawan longsor.

"Petugas tersebut juga diberi kewenangan untuk melakukan penghentian KA yang melintas jika menemukan 'unsafe condition' atau kondisi tidak aman," katanya.

Terkait aktivitas pemangkasan bukit di sekitar jalur rel antara Notog dan Kebasen untuk pembangunan jalur rel ganda, Ixfan mengatakan PT KAI telah meminta kepada Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan untuk dibuatkan talut pengaman yang terbuat dari papan di sisi jalur rel yang berdekatan dengan bukit.

Menurut dia, talut tersebut untuk mengantisipasi kemungkinan adanya luncuran batu atau tanah dari bukit yang sedang dipangkas sehingga dapat mengganggu perjalanan kereta api, demikian dilansir dari ANTARA News. (UF/BmsN)

0 Response to "KAI Siagakan Personel "Fliying Gank" di Jalur Rawan Longsor "

Post a Comment