Minim Pasokan, Harga Cabai Melonjak

Minim Pasokan, Harga Cabai Melonjak - Banyumas, Sejumlah pedagang sayuran di Pasar Induk Ajibarang Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, mengeluhkan harga cabai yang terus melonjak.

"Harga cabai sedang tidak stabil, cenderung naik, bahkan per jam bisa ganti harga," kata pedagang sayuran di Pasar Induk Ajibarang, Sugito (40) di Banyumas, Minggu (23/10).
Minim Pasokan, Harga Cabai Melonjak

Ia menjelaskan bahwa pada Minggu pagi harga cabai rawit Rp28 ribu per kilogram. Sebelumnya, harganya sekitar Rp24 ribu/kg.

Sementara itu, harga cabai merah keriting Rp46 ribu/kg atau naik dari harga sebelumnya Rp40 ribu/kg.

Sugito menyebutkan harga cabai hijau Rp20 ribu/kg yang sebelumnya Rp16 ribu/kg.

Sementara itu, pedagang sayuran lainnya, Lubis (37), mengatakan harga cabai tidak stabil dan cenderung naik karena minimnya pasokan.

"Barangnya sedang tidak banyak, ini harga cabai rawit Rp24 ribu/kg, harga cabai hijau Rp20 ribu/kg, sebelumnya kisaran Rp14 ribu/kg hingga Rp15 ribu/kg," ungkapnya.

Pedagang lainnya, Santo (30), menyebutkan harga cabai merah besar bisa mencapai Rp48 ribu/kg hingga Rp50 ribu/kg.

Menurut Santo, faktor lokasi juga memengaruhi harga cabai di wilayah tersebut.

"Ada pedagang yang ambil dari Brebes dan Lumajang. Kalau Brebes, dekat jadi untuk kualitas bisa lebih terjaga. Kalau dari Jawa Timur, paling tidak 1 hari perjalanan baru sampai di Ajibarang," ujarnya.

Sebagian pasokan bawang merah, kata dia, berasal dari Brebes, sementara sebagian pasokan cabai berasal dari Lumajang, Banjarnegara, dan Wonosobo.

Faktor musim hujan, tambah dia, juga jadi penyebab minimnya pasokan, demikian dikutip dari KBRN Purwokerto. (UF/BmsN)

0 Response to "Minim Pasokan, Harga Cabai Melonjak"

Post a Comment