Pelatihan Pratugas Pendamping Desa Provinsi Jawa Barat 2016

KEMENTERIAN DESA, PEMBANGUNAN DAERAH TERTINGGAL DAN TRANSMIGRASI REPUBLIK INDONESIA
DIREKTORAT JENDERAL
PEMBANGUNAN DAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DESA
Jl. TMP Kalibata No. 17 Jakarta Selatan 12740, Telp. 021-79172244 Fax. 021-7972242
www.kemendesa.go.id

Nomor : und.597/DPPMD.6/X/2016
Sifat : Segera
Lampiran : 1 (satu) bundel
H a l : Pelatihan Pratugas Pendamping Desa
Tahun 2016
Jakarta, 20 Oktober 2016

Kepada
Yth. Kepala BPMD Provinsi Jawa Barat
(daftar terlampir)
di -
T e m p a t

Dalam rangka pelaksanaan UU No. 6 Tahun 2014 tentang Desa, khususnya pendampingan Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (P3MD) Tahun Anggaran 2016, bersama ini disampaikan bahwa Direktorat Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD), Direktorat Jenderal Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (Ditjen PPMD) akan melaksanakan Pelatihan Pratugas Pendamping Desa di Provinsi Jawa Barat.

Berkenaan dengan hal tersebut, dengan hormat kami sampaikan hal-hal sebagai berikut:

1. Pelatihan pratugas dimaksud bertujuan untuk memberikan pembekalan dan atau peningkatan kapasitas Pendamping Desa, dalam melaksanakan tugas pendampingan P3MD di kecamatan dan desa;

2. Penyelenggaraan pelatihan pratugas Pendamping Desa, secara teknis dilakukan melalui Perusahaan Event Organizer, yang telah ditetapkan oleh Satker Ditjen PPMD, yaitu PT. Inacon Luhur Pertiwi;

3. Peserta pelatihan pratugas adalah seluruh calon Pendamping Desa dan Pendamping Desa Teknik Infrastruktur hasil rekrutmen tahun 2016 yang telah disahkan oleh Kuasa Pengguna Anggaran Satker Ditjen PPMD, melalui surat nomor 081/DPPMD.1/VII/2016 tanggal 29 Juli 2016, hal Pengesahan Hasil Seleksi Tenaga Pendamping Profesional Tahun 2016;

4. Tim pelatih pelatihan pratugas Pendamping Desa adalah Tenaga Ahli Pemberdayaan Masyarakat (TAPM) yang telah mengikuti pelatihan pratugas tahun 2016, dan telah dikontrak oleh Satker P3MD Provinsi serta Master Trainer (MT);

5. Waktu dan tempat pelaksanaan pelatihan pratugas Pendamping Desa adalah:
Tanggal : 24 Oktober s.d. 05 Nopember 2016
(check in tanggal 24 Oktober 2016 pukul 14. 00 s.d. 18.00 WIB, dan check out tanggal 05 Nopember 2016 pukul 12.00 WIB
Tempat : Golden Flower Hotel, Jln. Asia Afrika No. 15-17, Kota Bandung - Jawa Barat

6. Satker P3MD Provinsi diminta bantuannya untuk:
a. Menugaskan TAPM yang memenuhi ketentuan sebagaimana poin 4, untuk menjadi pelatih pada pelatihan pratugas Pendamping Desa dimaksud. Daftar nama pelatih serta waktu check in dan check out, sebagaimana lampiran 1;
b. Menugaskan seluruh Calon Pendamping Desa hasil rekrutmen tahun 2016 yang memenuhi ketentuan sebagaimana dimaksud pada poin 3, untuk menjadi peserta pada pelatihan pratugas Pendamping Desa dimaksud, sesuai daftar nama pada lampiran 2;
c. Membantu memfasilitasi dan memberikan dukungan teknis kepada Perusahaan Event Organizer selaku pelaksana teknis, agar proses pelatihan dapat berjalan dengan baik hingga selesai.
7. Seluruh peserta pelatihan pratugas yang ditugaskan dan atau diundang oleh Satker P3MD Provinsi, agar berpedoman pada ketentuan-ketentuan, sebagaimana lampiran 3.
Demikian disampaikan, atas perhatian dan kerjasama yang baik, kami ucapkan terima kasih.

DIREKTUR
PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DESA
TAUFIK MADJID, S.Sos, M.Si
NIP. 19710701.199903.1.013
Tembusan Yth:
1. Direktur Jenderal Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (sebagai laporan);
2. Gubernur Jawa Barat;
3. Direktur Utama PT. Inacon Luhur Pertiwi, selaku Perusahaan Event Organizer.

Lampiran 1.
Nomor : und.597/DPPMD.6/X/2016
Tanggal : 20 Oktober 2016
DAFTAR NAMA PELATIH TAPM
PADA PELATIHAN PRATUGAS PENDAMPING DESA
PROVINSI JAWA BARAT - TAHUN ANGGARAN 2016
No Nama Instansi Waktu Check In Pelatih Check Out Pelatih
1 Hilda Riza (Pelatih Pengendali) Satker BPMD 23 Okt 2016 05 Nop 2016
2Agus Harianto TAPM
3 Untung Bahtiar S TAPM
4 Verra Heryanti TAPM
5 Yosep Nasrulloh TAPM
6 Wahyudi TAPM
7 Teten Irawan TAPM
8 Emu Muh. Azmi TAPM
9 Muhamad Ramdani TAPM
10 Nunung Nurhasanah TAPM
11 Repelita Iwan K TAPM
12 Ahmad Khotib TAPM
13 Muhdis Samsul Rifai TAPM
14 Nandang Albian TAPM
15 YUTI INDRAWATI TAPM
16 Lili Mahali TAPM
17 Tedy Turmansah TAPM
18 Yayat Supriatna TAPM
19 Sukiyati TAPM
20 Wefni Suprayogi TAPM
21 Nanun Muhaimin TAPM
22 Ida Purnamasari TAPM
23 Dadan Syarif Mutoan TAPM
24 Cecep Azhari TAPM
25 Abdul Kholiq TAPM
26 R Rossana Tedja Dj TAPM
27 Suharyono TAPM
28 Deni Abdul Hakim Y TAPM

Lampiran 3.
Nomor : und.597/DPPMD.6/X/2016
Tanggal : 20 Oktober 2016
KETENTUAN-KETENTUAN PESERTA
PELATIHAN PRATUGAS PENDAMPING DESA TAHUN ANGGARAN 2016

1. Pelatihan Pendamping Desa Tahun Anggaran 2016 dilaksanakan selama 12 hari (11 hari efektif) di masing-masing provinsi;

2. Setelah mengikuti pelatihan pratugas, seluruh Pendamping Desa maupun Pendamping Desa Teknik Infrastuktur akan menjadi pelatih pada pelatihan-pelatihan Pendamping Lokal Desa dimasing-masing provinsi, dengan ketentuan telah dikontrak oleh Satker P3MD Provinsi;

3. Penyelenggara kegiatan adalah Direktorat Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD), Ditjen PPMD, Kementerian Desa, PDT dan Transmigrasi melalui Perusahaan Event Organizer (EO);

4. Panitia menyediakan akomodasi dan konsumsi bagi pelatih dan peserta selama kegiatan, dengan ketentuan bahwa akomodasi disediakan 1 kamar untuk 2 orang;

5. Panitia menyediakan tranportasi PP dari dan ke tempat penyelenggaraan pelatihan, sesuai ketentuan yang berlaku. Seluruh bukti perjalanan darat, udara dan atau kapal laut, diwajibkan untuk disimpan oleh pelatih maupun peserta, dan selanjutnya diserahkan kepada panitia segera setelah tiba di tempat kegiatan untuk proses administrasi dan atau penggantian;

6. Penggantian dan atau pembelian tiket PP hanya dapat dilakukan dengan ketentuan jenis angkutan yang digunakan adalah angkutan reguler/angkutan umum (bukan angkutan sewa atau carteran), dan tiket pesawat kelas ekonomi. Apabila terdapat pelatih atau peserta yang menggunakan penerbangan/pesawat kelas bisnis, maka penggantiannya hanya dapat dilakukan sesuai standart biaya kelas ekonomi;

7. Penggantian biaya tiket dan airport tax dilakukan secara at cost atau sesuai bukti tiket perjalanan, sedangkan taksi bandara dibayarkan secara lump sum atau berdasarkan pagu anggaran yang telah ditetapkan oleh Menteri Keuangan (Standar Biaya Umum-SBU);

8. Panitia tidak akan mengganti biaya tiket pesawat/kapal laut, apabila nama yang tercantum di dalam tiket, tidak sesuai dengan nama peserta dan pelatih, sebagaimana tercantum dalam daftar undangan;

9. Standart penggunaan transportasi pelatih dan peserta dari provinsi ke kabupaten/kota dan kabupaten/kota ke kecamatan ke PP, berpedoman pada standar biaya perjalanan pada pelaksanaan Rapat Koordinasi (Rakor) Provinsi dan Rakor Kabupaten;

10. Jika ditemukan pelatih atau peserta melakukan mark up biaya perjalanan yang tidak sesuai dengan kondisi rill, akan menjadi bahan evaluasi keterlibatannya pada program-program pemerintah dan pemerintah daerah, sekaligus sebagai bahan evaluasi kinerja oleh Kementerian Desa, PDT dan Transmigrasi bersama-sama dengan Satker P3MD Provinsi;

11. Untuk kelancaran pelaksanaan kegiatan, seluruh peserta diminta membawa laptop;

12. Seluruh peserta pelatihan tidak diperkenankan membawa anggota keluarga dan atau orang lain selama kegiatan serta tidak membawa dan/atau mengkonsumsi minuman keras dan obat-obat terlarang lainnya;

13. Untuk kebutuhan pertanggungjawaban administrasi kegiatan, seluruh peserta diminta mengisi daftar hadir setiap hari selama kegiatan, tanpa diwakili;

14. Peserta pelatihan dinyatakan lulus untuk dikontrak oleh Satker P3MD Provinsi, apabila tingkat kehadiran mencapai minimal 80% dari total jumlah hari efektif pelatihan, yang dinyatakan melalui Berita Acara Tim Pelatih.

0 Response to "Pelatihan Pratugas Pendamping Desa Provinsi Jawa Barat 2016"

Post a Comment