Tanpa Pengumuman, Presiden Joko WIdodo Lantik Jonan-Arcandra Sebagai Menteri dan Wakil Menteri ESDM yang Baru


Berita, RBI - Pada Jumat (14/10/2016) siang, di Istana Negara, Jakarta, Presiden Joko Widodo melantik Ignasius Jonan sebagai Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral yang baru, dan Arcandra Tahar sebagai Wakilnya.

Jonan dan Arcandra memasuki ruang pelantikan pukul 13.15. kemudian sekitar pukul 13.30 Presiden Joko Widodo membacakan Keputusan Presiden dan lalu memimpin sumpah dan janji keduanya sebagai Menteri dan Wakil Menteri ESDM yang baru.

Tak ada pengumuman pengangkatan Jonan dan Arcandra sebelumnya. Dalam kesempatan ini pun Presiden tidak didampingi Wakil Presiden Jusuf Kalla.

Ketika ditanya perihal pelantikan Menteri ESDM yang baru, Jusuf Kalla mengatakan sudah meminta ijin kepada Jokowi.

"Tidak apa-apa. Tadi sudah minta ijin Presiden," kata Jusuf Kalla di rumahnya di Jalan H. Bau, Makassar, Jumat (14/10/2016).

Kalla juga menambahkan bahwa dirinya sempat berdiskusi mengenai pemilihan menteri ESDM yang baru ini sampai pukul 10.00. Menurut Kalla ada kriteria yang menjadi pertimbangan.

"Tidak menyebut nama. Harus sanggup menghadapi tantangan, non-partai agar tidak ada konflik kepentingan," jelas Wakil Presiden, Jusuf Kalla.

Seperti diketahui Ignasius Jonan adalah mantan Menteri Perhubungan yang dicopot Jokowi dalam reshuffle Kabinet Kerja jilid II pada akhir Juli lalu. Sementara itu, Arcandra adalah mantan Menteri ESDM yang dilantik Jokowi saat reshuffle Kabinet Kerja jilid II.

(NI/BRBI)

0 Response to "Tanpa Pengumuman, Presiden Joko WIdodo Lantik Jonan-Arcandra Sebagai Menteri dan Wakil Menteri ESDM yang Baru"

Post a Comment