Gelar Perkara, 20 Ahli Akan Hadir dan Ahok Datangkan Dari Mesir

Gelar Perkara, 20 Ahli Akan Hadir dan Ahok Datangkan Dari Mesir - Gelar perkara terbuka terkait kasus penistaan agama yang menjerat calon Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaya Purnama alias Ahok akan berlangsung pada Selasa (15/11/2016) sekitar pukul 09.00 WIB. Acara itu dihadiri oleh para pelapor yang jumlahnya 11 orang, terlapor yakni Ahok atau diwakili pengacaranya, para ahli, para penyelidik kasus itu, serta Ombudsman, Kompolnas, dan Komisi III sebagai pengawas yang sifatnya netral.
Gelar Perkara, 20 Ahli Akan Hadir dan Ahok Datangkan Dari Mesir
Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian/ via poskotanews.com
Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol Boy Rafli Amar mengatakan, sekitar 20 ahli akan dihadirkan dalam gelar perkara terbuka terkait kasus Ahok.

"20 dari ahli hukum pidana, ahli agama, dan ahli bahasa," kata Boy di kompleks Mabes Polri, Jakarta, seperti dikutip dari kompascom dan dihimpun RuangBaca, Senin (14/11/2016).

Kemudian ditemat berbeda, Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian mengatakan, Ahok akan membawa ahli tafsir dari Mesir.

"Itu dari pihak terlapor ya. Pihak terlapor kan boleh mengajukan," kata Tito, di Mako Brimob Kelapa Dua, Depok, Senin (14/11/2016).

"Kalau dari terlapor (Ahok) ngambil dari Mesir ya silakan. Enggak ada masalah," jelas Tito.

Nantinya, tim penyelidik akan memaparkan kasus yang ditangani. Kemudian, para ahli yang dihadirkan akan memberikan tanggapan.

Masyarakat yang melaporkan juga diberi kesempatan untuk menjelaskan laporannya. Apapun yang dibahas dalam gelar perkara akan dicatat dan dijadikan pertimbangan penyelidik untuk menyimpulkan.

"Penyidik akan menjadikan hasil gelar perkara untuk merumuskan keputusan kesimpulan dalam penyelidikan, apakah laporan polisi yang diterima penyidik, layak dinaikkan statusnya jadi penyidikan," papar Boy lagi.

Sementara itu, ahli yang sudah pernah dimintai pendapat saat penyelidikan antara lain Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab, pakar hukum dari Universitas Islam Indonesia Mudzakir, dan Ketua Majelis Ulama Indonesia Maruf Amin.

Untuk diketahui, gelar perkara besok tak terbuka sepenuhnya. Media hanya diperkenankan masuk ke ruang rapat pada saat pembukaan.

"Pada saat pembicaraan substansi, semua menunggu di luar," jelas Boy.

Gelar perkara akan dibuka Kepala Bareskrim Polri Komisaris Jenderal Ari Dono Sukmanto yang memimpin gelar perkara.

Rencananya, keputusan hasil gelar perkara diumumkan pada Rabu (16/11/2016) atau Kamis (17/11/2016).

(NI/NWS)

0 Response to "Gelar Perkara, 20 Ahli Akan Hadir dan Ahok Datangkan Dari Mesir"

Post a Comment